Yuk Konsumsi Brokoli, Ini Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan

manfaat brokoli bagi kesehatan

PrimaDaily – Manfaat sayur brokoli memang terkenal sangat bagus untuk kondisi fisik atau kesehatan tubuh. Namun meski brokoli kurang disukai oleh orang banyak akan tetapi sebenarnya ada banyak cara dalam mengolah sayuran yang satu ini. Misalnya menjadikannya sebagai sup, jus, hingga camilan sehat seperti bakwan brokoli, pempek brokoli, nugget brokoli, dsb.

Berikut kandungan nutrisi yang terdapat dalam brokoli.

  1. Vitamin
  2. Mineral
  3. Makronutrien
  4. Kandungan lain seperti betakaroten, antioksidan, sulfur, dan sejumlah fitonutrien

Lihat Juga: Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Kulit Buah Naga

Nah dengan demikian agar anda lebih tahu lagi, berikut manfaat sayur brokoli bagi kesehatan.

a. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sayur brokoli kaya akan kandungan vitamin C sehingga oleh karena kandungan ini, imunitas atau daya tahan tubuh bisa ditingkatkan. Oleh karena itu jika imunitas telah tercukupi maka seseorang dapat terhindar dari serangan berbagai penyakit.

b. Menurunkan Berat Badan

Mengonsumsi sayur brokoli dapat membantu proses penurunan berat badan sebagai cara alami dan sehat. Sehingga bila anda hendak menurunkan berat badan maka tidak ada salahnya untuk mengonsumsi brokoli. Hal ini karena sayur brokoli kaya akan serat yang membuat seseorang kenyang lebih lama. Serta dapat mencegah hasrat untuk makan berlebih.

c. Menyehatkan Kulit

Untuk menyehatkan kulit, tak ada salahnya juga untuk rutin mengonsumsi brokoli. Anda bisa menjadikannya sebagai jus maupun brokoli rebus/kukus. Selain itu, jenis sayuran yang satu ini juga dapat membantu mencegah keriput dan membuat seseorang tampak lebih muda.

d. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kandungan mineral yang terdapat pada sayur brokoli bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung. Sementara itu kandungan kalium juga mampu berperan sebagai vasolidator yang dapat membuka dan melebarkan pembuluh darah manusia. Bahkan dapat pula menurunkan tekanan darah sehingga memiliki dampak yang baik bagi kesehatan jantung.

e. Membantu Menjaga Kesehatan Tulang

Jenis mineral yang sangat penting seperti kalsium memang berguna untuk pertumbuhan serta memelihara kesehatan tulang maupun gigi. Sehingga dengan mengonsumsi brokoli anda juga bisa mencegah resiko osteoporosis.