Sajian Akhir Pekan: Rolade Daging Sapi

rolade daging sapi

PrimaDaily – Rolade daging sapi merupakan sebuah kupadan yang terbuat dari olahan daging sapi yang berbentuk gulungan memanjang dengan cara dikukus. Setelah itu gulungan tersebut dipotong membentuk irisan-irisan bolu gulung. Setelah membentuk irisan bolu, rolade selanjutnya digoreng sampai renyah.

Kudapan asal Eropa ini termasuk sebagai sajian spesial karena rolade cukup jarang untuk kita temui. Sebab rolade umumnya tersaji pada acara-acara seperti acara kumpul keluarga maupun acara pesta pernikahan. Pun demikian, bahan pembentuk rolade bukan hanya terbuat dari daging sapi saja melainkan bisa menggunakan daging ayam, tahu, kentang, dan bahan lainnya sesuai selera. Lantas bagaimana membuat rolade daging sapi?

Untuk membuat sajian rolade daging sapi, berikut bahan-bahan yang perlu anda persiapkan terlebih dahulu.

1. Daging sapi giling (250 gr)

2. Tepung roti (50 gr)

3. Gula pasir (1/2 sdt)

4. Kecap Inggris (1/2 sdm)

5. Pala bubuk (1/4 sdt)

6. Merica bubuk (1/2 sdt)

7. Bawang bombay (25 gr) – cincang halus

8. Bawang putih (1 siung) – cincang sampai halus

9. Susu bubuk (1 sdm)

10. Garam (1/2 sdt)

11. Telur ayam (1 butir)

Lihat Juga: Macam-Macam Olahan yang Terbuat dari Daging Sapi

Selain bahan-bahan tersebut, anda juga perlu mempersiapkan bahan kulit dadar yang terdiri dari garam dapur seperlunya serta sebutir telur ayam. Kemudian untuk bahan-bahan membuat saus rolade terbuat atas:

1. Air kaldu (500 ml)

2. Tepung terigu (2 sdm)

3. Kecap Inggris (2 sdm)

4. Bawang bombay (1/2 buah) – iris memanjang

5. Margarin (2 sdm)

6. Kecap manis (1/2 sdm)

7. Garam dan gula pasir seperlunya

8. Merica (1/4 sdt)

Langkah-langkah Membuat Rolade

  • Panaskan terlebih dahulu margarin lalu tumislah bawang bombay sampai harum. Kemudian masukkan tepung terigu dan aduk sampai rata.
  • Tuang kaldu sedikit demi sedikit hingga permukaannya melicin. Tambahkan kecap Inggris, kecap manis, gula pasir, garam, serta merica.
  • Aduk-aduk semua bahan tersebut sampai olahan saus meletup-letup. Jika sudah matang maka saus angkat dari wajan dan sisihkan sejenak.
  • Langkah selanjutnya yaitu membuat rolade. Caranya dengan mengocok telur ayam dengan taburan sedikit garam. Buatlah dadar tipis jika sudah sisihkan dadar.
  • Campur semua bahan maupun bumbu pembuat rolade. Dalam hal ini aduk juga secara merata.
  • Ambil selembar kulit dadar lalu ratakan adonan rolade secara merata ke permukaan kulit dadar. Sesudah itu gulunglah rolade dan rapatkan juga.
  • Selanjutnya bungkus dengan daun pisang ataupun plastik bersih untuk makanan. Kukus selama kurang lebih setengah jam.
  • Jika sudah matang maka ambil gulungan rolade untuk anda potong-potong sesuai selera. Sebagai tips untuk hal ini usahakan rolade jangan terlalu tebal dan juga jangan terlalu tipis.
  • Kemudian panaskan sedikit minyak goreng pada sebuah wajan datang untuk menggoreng rolade hingga matang dan berwarna kecokelatan.
  • Rolade sapi siap anda sajikan bersama dengan saus.