4 Gejala Kanker Kulit, Jangan Diabaikan!

4 Gejala Kanker Kulit, Jangan Diabaikan!
PrimaDaily– Kanker kulit merupakan salah satu penyakit yang berbahaya. Gejala kanker kulit sulit terdeteksi, karena terlihat samar dan tidak seperti penyakit. Seperti munculnya tahi lalat atau kulit bersisik.Untuk mengetahuinya apakah benar-benar terkena kanker kulit adalah dengan cara memeriksakan kulit Anda ke dokter. Hal ini bertujuan agar jika terdeteksi gejalanya Anda dapat melakukan langkah pengobatan sehingga kesehatan Anda tetap terjaga.

Berikut ini gejala terkena kanker kulit yang perlu diketahui:

1. Ada benjolan pada permukaan kulit

Beberapa jenis gejala kanker kulit dapat ditandai dengan kemunculan benjolan. Apabila Anda menemukan ada benjolan di permukaan kulit dan tersebar pada beberapa bagian tubuh, terutama pada bagian tubuh yang sering terpapar sinar matahari secara langsung. Maka berhati-hatilah, kemungkinan hal itu bisa menjadi tanda-tanda kanker kulit.

2. Tahi lalat tumbuh membesar dan berwarna

Jika Anda memiliki tahi lalat, kemudian tiba-tiba terjadi perubahan terutama pada ukuran, warna, dan tingkat asimetrisnya, maka bisa jadi hal itu menjadi tanda awal kanker kulit.

Kanker kulit jenis melanoma dapat ditandai dengan bintik besar warna cokelat di kulit, benjolan yang mirip tahi lalat ini dapat berubah warna, membesar dan kadang bahkan bisa sampai berdarah.

3. Muncul bercak hitam pada kulit

Gejala yang bisa ditandai sebagai kemunculan kanker kulit adalah adanya bercak yang tak biasa pada kulit. Bercak ini muncul secara tiba-tiba. Jika pada orang normal bercak berukuran kecil, maka bercak gejala kanker kulit akan tumbuh semakin membesar dan melebar. Jadi jangan abaikan saat tiba-tiba muncul bercak hitam yang kemudian ukurannya membesar dan terasa nyeri.

4. Sering nyeri sendiri

Apabila Anda sering merasakan nyeri di bagian lutut dan pinggang. Maka itu bisa menjadi tanda awal bahwa Anda terkena kanker kulit. Sel kanker yang menyebar ke bagian tulang yang dapat menimbulkan nyeri. Jenis kanker yang bisa menyebar adalah melanoma.

Oleh karena itu, Jika Anda merasakan nyeri di bagian lutut atau pinggang tanpa diketahui penyebabnya, dan disertai dengan ciri-ciri kulit lainnya, segerahlah Anda untuk konsultasi ke dokter.