6 Manfaat Jantung Pisang Bagi Kesehatan, Bisa Atasi Diabetes

7 Manfaat Jantung Pisang Bagi Kesehatan, Bisa Atasi Diabetes

Primadaily– Manfaat dari jantung pisang mungkin jarang diketahui. Sehingga, sering kali buah jantung pisang dibuang begitu saja. Tentu sangat disayangkan, padahal jantung pisang memiliki banyak manfaat, salah satunya bisa atasi diabetes.

Jantung pisang mengandung berbagai macam nutrisi yang baik untuk tubuh. Sayuran ini dapat diolah dengan berbagai cara. Biasanya jantung pisang diolah dengan cara ditumis, digoreng, atau dijadikan gulai. Emm, pasti rasanya enak.

Kandungan nutrisi yang terdapat pada jantung pisang, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, asam lemak, flavonoid, tannin, saponin, glikosida, hingga steroid. Maka dari itu tidak salahnya jika Anda mengonsumsi sayuran berwarna merah ini untuk mendapatkan khasiat bagi kesehatan. Manfaat kesehatan apa saja yang bisa diperoleh dari jantung pisang, berikut ini ulasanya:

1. Menangkal Radikal Bebas

Manfaat sayur jantung pisang yang paling utama adalah dapat menangkal radikal bebas. Radikal bebas yang dihasilkan oleh polusi udara dapat menyebabkan gangguan sistem saraf pusat, autoimun, gangguan kardiovaskular dan lainnya.

Senyawa yang terdapat pada jantung pisang, seperti polifenol dan flavonoid mampu melindungi tubuh dari kerusakan DNA akibat iron-mediated fenton (reaksi dari senyawa radikal bebas). Maka dari itu, bila mengonsumsi jantung pisang ini dapat juga mencegah sakit gangguan saraf seperti Parkinson dan Alzheimer yang diakibat radikal bebas.

2. Mencegah Infeksi Bakteri

Manfaat lain dari jantung pisang adalah dapat mencegah infeksi bakteri. Infeksi bakteri seperti diare, pneumonia, hingga kolera dapat dicegah dengan konsumsi sayur jantung pisang ini. Jantung pisang memiliki kandungan asam amino serta peptida. Isolasi protein tersebut dapat melawan bakteri negatif dalam tubuh. Oleh karena itu, konsumsi jantung pisang dapat meningkatkan imunitas tubuh.

3. Mengurangi Komplikasi Diabetes

Manfaat selanjutnya adalah bisa mengurangi komplikasii diabetes melitus. Hal itu karena kombinasi jantung pisang dan bagian tengah batang pisang mampu mengurangi hiperglikemia dan komplikasi diabetes, seperti diabetic nephropathy (Komplikasi diabetes pada ginjal).

4. Menurunkan Berat Badan

Jantung pisang memiliki kandungan serat yang tinggi yang siap membantu untuk menurunkan badan. Secara tidak langsung, kombinasi jantung pisang dan pseudostem (batang tengah pisang) dapat memberikan pemenuhan nutrisi secara sehat. Hasil peneliti terhadap jantung pisang, ternyata memiliki sumber yang baik akan nutrisi makro dan mikro.

Apalagi jantung pisang juga dapat dipercaya meningkatkan kerja imunitas tubuh melalui kandungan antioksidan.  Agar manfaat sayur jantung pisang untuk menurunkan berat badan secara maksimal, Anda bisa menggunakan jantung pisang sebagai campuran bahan salad atau sup.

5. Mengurangi Perdarahan saat Menstruasi

Apakah anda pernah alami rasa sakit perut yang berlebihan saat menstruasi? Jika iya, Anda bisa mengonsumsi jantung pisang, karena mampu mengurangi pendarahan berlebih dan sakit perut saat menstruasi.

6. Meningkatkan Mood dan Mengatasi Kecemasan

Manfaat lainnya adalah, jantung pisang bisa meningkatkan mood dan mengatasi kecemasan. Hal ini itu dikarenakan magnesium yang terkandung pada jantung pisang berfungsi sebagai anti-depresan. Jadi, dengan mengonsumsi jantung pisang, kamu dapat memiliki mood yang baik dan mengurangi gangguan kecemasan, bahkan tanpa efek samping.

Itulah beberapa manfaat dari jantung pisang yang baik untuk kesehatan.