6 Tips Mudah Cegah Osteoporosis di Masa Tua

6 Tips Mudah Cegah Osteoporosis di Masa Tua

PrimaDaily – Osteoporosis sering dialami oleh orang yang lanjut usia. Namun, osteoporosis  tidak hanya terjadi di masa tua, tapi juga bisa menyerang pada usia muda.

Osteoporosis adalah kondisi berkurangnya kekuatan tulang. Sehingga menyebakan tulang menjadi keropos dan mudah patah. Gejala yang sering dirasakan dan diketahui ketika penderita mengalami cedera yang sebabkan patah tulang akibat terjatuh, postur badan membungkuk, nyeri di punggung, dan tinggi badan yang berkurang.

Kondisi ini lebih sering terjadi pada wanita yang memasuki masa monopause. Hal ini disebakan karena kadar estrogen yang berperan penting menjaga kepadatan tulang berkurang.

Untuk mencegah osteoporosis di masa tua, ada enam langkah yang bisa dilakukan demi menjaga kekuatan tulang. Beriku enam langakah yang mudah dilakukan:

1. Konsumsi Banyak Sayur

Sayuran merupakan sumber yang terbaik untuk merangsang produks sel pembentukan tulang. Sebab sayuran memiliki kandungan vitamin C yang banyak. Dari hasil penelitian telah membuktikan bahwa konsumsi sayuran dapat membantu mineralisasi tulang.

Maka dari itu, untuk menjaga tulang sebaiknya Anda mengonsumsi sayuran secara rutin demi mencegah osteoporosis.

2. Sering Berolahraga

Berolahraga juga salah satu solusi terbaik untuk mencegah osteoporosis terjadi. Olahraga yang bisa dilakukan adalah latihan beban.

Latihan beban adalah latihan yang dilakukan denga membawa beban tubuh melawan gravitasi. Latihan beban ini bisa Anda lakukan dengan cara lari, aerobik, hiking, dan tenis.

Menurut Ahli fisiologi olahraga, Christopher Traves, berolahraga dengan dengan menggunakan kekuatan otot dan disertai peningkatan instensitas dapat membantu menjaga kesehatan tulang.

Anda bisa lakukan latihan beban di rumah. Lakukan secara rutin ya.

3. Asupan Vitamin D

Menurut Traves, ahli fisiologi olahraga, orang dewasa memerlukan asupan vitamin D sebanyak 1.000 sampai 2.000 setiap hari demi membantu penyerapan kalsium. Apalagi bagi mereka yang tinggal di daerah dingin dengan sinar matahari yang kurang akan rentan kekurangan vitamin D yang didapat dari sinar matahari.

Selain matahari sebagai sumber vitamin D, pada makanan ini juga mengandung vitamin D. Sehingga Anda bisa mengonsumsinya di rumah setiap hari. Makanan itu adalah kuning telur, ikan salmon, susu, keju, dan hati sapi.

4. Jangan Merokok

Merokok dapat mempercepat terserang osteoporosis dibandingkan orang yang tidak merokok. Sebab merokok mengganggu penyerapan kalsium pada tubuh. Hal itu menyebabkan tubuh menyerap kalsium lebih sedikit. Apalagi bagi wanita, nikotin yang terdapat pada rokok akan menghambat efek estrogen yang melindungi tulang. Sehingga wanita yang merokok sering kali mengalami menapause lebih awal.

Agar terhindar dari osteoporosis, maka hindarilah kebiasaan merokok.

5. Hindari Kebiasaan Minum Alkhol

Selain merokok, kebiasaan minum alkohol juga menjadi salah sau penyebab percepatan kerusakan pada tulang. Jika minum alkohol menjadi kebiasaan, maka akan mengganggu penyerapan nutrisi pada tubuh  dan meningkatkan risiko seseorang untuk jatuh dan cedera. Karena orang yang meminum alkohol dapat membuat kehilangan setengah kesadaran.

6. Melakukan Pengobatan

Apabila Anda didiagnosis menderita osteoporosis, maka Anda bisa mengonsusmi obatan untuk mencegah kerapuhan yang lebih parah pada tulang Anda.

Kemudian, cobalah Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penangan khusus dan saran resep obat sesuai anjuran dokter untuk dikonsumsi.