Manfaat Baby Oil Bagi Bayi, Moms Harus Tahu

manfaat baby oil

PrimaDaily – Salah satu perlengkapan wajib yang dibawa bunda bila kemana-mana adalah baby oil karena manfaat nya berguna bagi anak, terutama bayi.

coba lihat lainnya : Penyebab Melahirkan Secara Prematur, Bunda Wajib Tahu

Biasanya bunda akan mengoleskan bayi oil pada badan bayi, sehingga aroma bayi semakin khas dan disenangi banyak orang. Kandungan yang terdapat pada baby oil yaitu lanolin dan mengandung minyak mineral alami. Lanolin adalah zat berminyak yang terdapat pada kulit domba yang sering digunakan sebagi produk pelembab kulit.

Selain kedua bahan itu, baby oil juga mengandung ekstrak lidah buaya yang bisa menghilangkan reaksi kulit. Ada juga vitamin E yang menangkal radikal bebas di kulit serta vitamin A yang mampu mengatasi kulit kering.

Maka dengan segala kandungan di atas, manfaat yang lain yang bisa bunda dapatkan untuk bayi yaitu:

1. Berfungsi sebagai minyak pijak bayi

Caranya adalah dengan melumurkan (mengusap) baby oil ke permukaan badan atau kulit bayi. Setelah itu, bunda secara perlahan memijatnya dengan lembut. Hal ini akan memberikan dampak pada stimulasi motoriknya. Anak akan bisa tidur dengan tenang dan nyaman.

Akan tetapi bunda tidak disarankan untuk menggunakan baby oil kepada bayi yang baru lahir. Sebab baby oil belum bisa diserap dengan baik oleh kulit bayi. Jangan pula memijat bayi baru lahir dengan baby oil pada permukaan wajah karena kulit wajah lebih sensitif dibanding kulit tubuh lainnya.

2. Meringankan ruam

Ruam merupakan sebuah kondisi kulit yang ditandai dengan iritasi, bengkak, dan bertanda kemerahan pada permukaan kulit. Kondisi ini diikuti dengan rasa gatal.

Biasanya bercak merah pada bayi sering muncul di leher, siku, dan paha.  Namun, anda bisa mengatasi ruam pada kulit si kecil dengan pengolesan baby oil ke tubuhnya. Terlebih dahulu keringkan badan bayi sebelum mengusapnya dengan baby oil.

3. Membersihkan daun telinga bayi

Manfaat lain dari baby oil yaitu bisa untuk membersihkan bagian daun telinga si kecil. Daun telinga rentan terhadap debu dan kotoran dari udara yang ada di sekitarnya. Caranya bunda bisa menggunakan cotton bud yang diberi 2 atau 3 tetes baby oil (minyak bayi). Bersihkan dengan hati-hati pada sisi luarnya saja dan jangan memasukkan cotton bud ke lubang telinga bayi karena bisa membahayakan.

4. Mengatasi kulit kepala dan merawat rambut

Bayi yang baru lahir biasanya memiliki kerak (serpihan kulit) yang terbentuk diarea tertentu di kepala. Bunda bisa membersihkannya dengan baby oil ini. Yang pertama anda lakukan adalah membersihkannya dulu dengan air hangat kemudian barulah mengusapkan baby oil secara perlahan. Diamkan beberapa saat untuk selanjutnya dibilas dengan air hangat lagi. Keringkan menggunakan handuk yang lembut.

Bukan hanya bagian kepala bayi, minyak bayi juga bisa untuk menjaga rambut dari paparan sinar matahari. Khususnya bayi yang berambut tebal setelah lahir.

artikel lainnya : Bahaya Memberikan Gadget Kepada Anak

5. Melembabkan kulit bayi

Sebagai pijat bayi, baby oil (minyak bayi) akan menjaga kelembaban kulitnya. Bila perlu usapkan baby oil pada kulit bayi sehabis berjemur di pagi hari. Selain itu, anda juga bisa meneteskan baby oil ke dalam air mandian bayi. Itu akan membantu bayi memiliki kulit yang lembut dan halus. Manjakan bayi anda dengan kulit yang lembut.