Resep Gulai Babat Siap Menggoyang Lidah, Yuk Cobain!

resep gulai babat

PrimaDaily – Resep gulai babat memiliki bahan-bahan yang cukup banyak namun rasanya sungguh lezat sehingga siap menggoyang lidah siapapun yang mencicipinya. Disebut gulai babat karena terbuat dari daging babat dengan campuran kuah bumbu rempah.

Menurut wikipedia, babat merupakan daging yang berasal dari lambung hewan, biasanya hewan sapi. Selain menjadi gulai, babat juga sering diolah ke dalam bentuk olahan lain seperti sate maupun babat goreng. Namun kali ini disajikan resep gulai babat untuk anda.

Resep Gulai Babat

Bahan-bahan membuat gulai babat terdiri atas bumbu halus dan bumbu umum. Bumbu halus ini nantinya akan anda haluskan terlebih dahulu untuk kegiatan menumis sebelum menambahkan babat.

  • Bumbu Halus

a. 2 butir kemiri (sangrai)

b. 4 butir bawang merah

c. 3 buah cabai merah keriting

d. 1 cm kunyit (bakar)

e. 1 sdt ketumbar

f. 1/4 sdt jintan bubuk

g. 2 siung bawang putih

h. 1 cm jahe

i. 1 buah cabai merah besar

  • Bahan Umum

Selain daripada bahan-bahan bumbu tersebut, bahan lainnya yang perlu anda sediakan yaitu:

a. 2 buah terung (ungu)

b. 300 gram babat

c. 2 lembar daun kunyit

d. 2 batang serai (memarkan)

e. 3 lembar daun jeruk

f. 2 buah cengkeh

g. 1/2 sdt gula pasir

h. 3 sdm minyak goreng

i. 2 cm lengkuas (memar)

j. 1 buah kapulaga

k. 4 1/4 sdt garam dapur

l. 1250 ml santan encer

m. 250 ml santan kelapa kental

PERSIPAN MEMBUAT GULAI

Untuk membuat gulai babat ini sebenarnya cukup sederhana. Pastikan membersihkan babat terlebih dahulu lalu kucuri dengan air perasan jeruk nipis dan juga garam. Lakukan langkah ini secara merata dan biarkan selama 10 menit untuk mengurangi bau amis dari babat. Jika sudah sediakan sebuah panci untuk merebus air. Masukkan babat yang sudah anda rendam tadi dengan air jeruk nipis. Rebuslah babat hingga terasa empuk. Kemudian sebelum mencampurkannya dengan bahan lainnya, potong-potong terung sekitar 3 – 4 cm atau sesuai dengan selera.

Cara Membuat Gulai Babat

Tumis bumbu halus bersama dengan daun kunyit, lengkuas, kapulaga, daun jeruk, cengkeh, serta serai. Jika tumisan sudah harum maka masukkan babat ke dalamnya. Aduklah semua bahan secara merata lalu bumbui dengan garam, gula, dan juga santan encer.

Aduk kembali bumbu dan babat sampai kuahnya mendidih. Sesudah itu tambahkan terung ungu. Masukkan secara perlahan santan kelapa kental sedikit demi sedikit. Kembali lakukan pengadukan masakan dan tunggu hingga matang. Gulai babat siap anda nikmati.