Langkah Menjaga Daya Tahan Tubuh di Musim Pancaroba

langkah menjaga daya tahan tubuh

PrimaDaily – Terdapat sejumlah langkah dalam menjaga daya tahan tubuh di musim pancaroba. Musim pancaroba yaitu masa peralihan antara dua musim utama di daerah iklim muson. Kedua musim tersebut adalah musim kemarau dan musim penghujan.

Pancaroba antara musim penghujan dan musim kemarau biasa terjadi pada bulan maret dan april. Sementara peralihan antara musim kemarau dan musim penghujan biasa terjadi pada bulan oktober hingga desember.

Saat memasuki pergantian musim, cuaca menjadi tidak menentu. Siang hari bisa saja sangat terik namun tiba-tiba bisa turun hujan deras. Belum lagi dengan intesitas angin yang bertiup lebih kencang dari biasanya.

Karenanya pada masa-masa seperti itu, penting untuk tetap menjaga daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh yang baik bisa menghindari tubuh dari berbagai serangan penyakit. Terlebih ketika akitivitas sehari-hari begitu padat dan sibuk.

Lantas bagaimanakah langkah menjaga daya tahan tubuh di musim pancaroba?

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Masa Pancaroba

  • Tidur yang Cukup

Satu dari sekian banyaknya cara yang bisa kita lakukan agar tubuh tetap sehat adalah mengistirahatkan tubuh dengan tidur yang cukup. Itu artinya anda harus tidur selama 7 sampai 9 jam setiap malam. Pasalnya saat tidur, tubuh akan menggunakan waktu tersebut untuk melakukan pemulihan kritis serta memperbaiki fungsi-fungsi penting, termasuk sistem kekebalan tubuh.

  • Olahraga Teratur

Lakukan kegiatan olahraga agar daya tahan tubuh tetap terjaga pada masa peralihan musim. Coba lakukan gerakan-gerakan olahraga yang ringan namun rutin. Misalnya lunges, push-up, burpe, bersepeda, dll.

  • Menjaga Kebersihan

Selain itu penting juga menjaga kebersihan, baik kebersihan diri sendiri maupun lingkungan sekitar. Rutin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 30 detik, terlebih ketika melakukan suatu aktivitas. Bersihkan juga kamar hingga ke halaman rumah.

  • Mengelola Stres dengan Baik

Usahakan jangan sampai anda terhinggapi stres secara terus-terusan. Coba lakukan hal-hal yang bisa mengelola stress. Misalnya mendengarkan musik, pergi liburan, makan makanan favorit, menonton, dll. Jika anda sudah menikah, mungkin salah satu jalan agar tidak terlalu stres menghadapi kehidupan adalah sesekali bermesraan dengan pasangan.

  • Mengonsumsi Makanan Bergizi dan Cairan

Ada banyak makanan bergizi yang bisa kita konsumsi. Penelitian mengatakan bahwa mengonsumsi makanan-makanan bergizi akan lebih rentan terkena penyakit. Selain itu jangan lupa untuk mengonsumsi air putih minimal 8 gelas setiap hari. Kurangi konsumsi minuman bersoda atau minuman yang tinggi gula demi mempertahankan hidup yang lebih sehat.