Kenapa Dokter Pakai Baju Hijau Saat Operasi?

kenapa dokter pakai baju hijau

PrimaDaily – Pernahkah anda merenungkan kenapa dokter pakai baju hijau saat melakukan proses operasi?

Faktanya ini memang unik. Kenapa pula tidak mengharuskan memakai baju putih saja atau warna lain misalnya. Ternyata warna hijau tersebut dipilih bukan tanpa alasan dan makna. Ini penjelasan dua alasannya.

1. Agar dokter tetap fokus

Secara umum kita akan bertanya. Apa hubungannya warna dengan kefokusan. Bukankah setiap dokter memang harus fokus dalam tindak lanjut pengobatan pasiennya?

Jadi sebenarnya, ketika operasi sedang diberlangsungkan, dokter akan melakukan pembedahan pada bagian tubuh. Tentu akan membuat dokter melihat banyak darah berwarna merah dan khas.

Nah saat itulah dokter akan mengalami halusinasi warna saat melihat warna lain seperti putih. Penglihatan bisa menjadi berbayang menjadi warna hijau. Jika sudah demikian, fokus dokter akan terganggu.

Lalu mengapa pula warna putih membuat penglihatan terasa berbayang? Jawabnya karena putih memiliki semua spektrum warna termasuk merah dan hijau. Oleh karena itulah para dokter mengenakan pakaian berwarna hijau untuk menghindari hal demikian.

2. Menyegarkan mata

Jika terlalu lama melihat warna merah dari darah pasien, bisa-bisa membuat dokter menjadi kurang peka terhadap warna hingga akhirnya menjadi buram. Jika ini terjadi maka dokter akan gagal melihat organ tubuh pasien dengan jelas. Selain itu warna hijau dikategorikan sebagai warna yang mampu menyegarkan mata.

Sejak abad ke-20 sudah diberlakukan keharusan untuk memakai seragam berwarna hijau. Karena warna ini merupakan lawan dari warna merah dalam sistem roda warna. Bagaimana? Sudah cukup jelas? Itulah alasan kenapa dokter pakai baju hijau saat operasi/pembedahan di rumah sakit.

artikel lain Tips Mama Muda: Cara Merawat Bayi Yang Baru Lahir