Selain Kurang Tidur, Ini Penyebab Kantung Mata

Penyebab Kantung Mata

PrimaDaily – Pada umumnya, penyebab terjadinya kantung mata adalah karena kurang tidur. Kurang tidur cenderung menyebabkan pembuluh darah di bawah kulit  tipis ata melebar dan menciptakan warna gelap. Pembuluh darah yang melebar ini dapat menyebabkan penumpukan cairan di sekitar mata sehingga terbentuk kantung mata.

Mnegetahui penyebab terjadinya kantung mata sangat penting, agar bisa dihindari karena kantung mata membuat percaya diri menjadi berkurang. Jika percaya diri sudah berkurang amak segala apapun yang kita lakukan akan menjadi berantakan.

Nah, Berikut ini hal hal yang dapat menjadi penyebab terjadinya kantung mata :

  • Alergi
    Pada rinitis alergi, terjadi peradangan di hidung oleh karena reaksi alergi. Gejala yang timbul meliputi bersin-bersin dan mata berair, dapat diiringi dengan timbulnya kantung mata dan lingkaran hitam di bawah mata.
  • Penuaan
    Penuaan dapat menyebabkan munculnya kantung mata karena seiring bertambahnya usia, otot dan struktur jaringan di sekitar mata melemah. Kulit juga akan mulai mengendur dan cairan akan mulai berkumpul di bagian bawah mata. Selain itu, lemak yang berada di sekitar mata juga akan bergerak ke daerah sekitar bawah mata sehingga terlihat bengkak atau membentuk kantung mata.

Baca juga : Jidat Sering Tumbuh Jerawat? Ini Penyebabnya!

  • Pola makan yang tidak baik
    Kekurangan cairan dan rendahnya asupan protein tidak hanya dapat memengaruhi kesehatan, tapi juga dapat memengaruhi area bawah mata Anda.
  • Stres
    Stres dapat menyebabkan kulit dan jaringan tubuh menjadi lemah, hal ini juga dapat terjadi pada jaringan kulit di sekitar mata. Ketika jaringan kulit di sekitar mata melemah, maka kantung mata dapat terbentuk karena penumpukan cairan.

Kantung mata dan lingkaran hitam pada mata juga dapat disebabkan oleh kebiasaan merokok, terlalu banyak mengonsumsi kafein dan alkohol.