Manfaat Minum Air Putih Bagi Tubuh

manfaat minum air putih

PrimaDaily – Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan saat rajin minum air putih. Air putih adalah air yang terus dikonsumsi oleh setiap manusia. Dari anak-anak hingga ke orang dewasa, kemanapun dan dimanapun kita pergi, air putih adalah sebuah kewajiban yang harus dimasukkan ke dalam tubuh.

50% dalam tubuh kita ini terdiri dari air. Maka tak heran bila anak-anak banyak yang menenteng botol minum mereka jika pergi ke sekolah. Pun demikian, para pekerja juga selalu membawa air minumnya agar tidak merasa dehidrasi saat bekerja.

Manfaat Rutin Minum Air Putih

Sebaiknya jangan pernah meremehkan khasiat air dari putih ini. Idealnya, minumlah air putih sebanyak delapan gelas setiap hari atau setara dengan dua liter, supaya kestabilan  tubuh selalu terjaga.

Berikut disajikan manfaatnya.

  • Mencegah Sembelit dan Batu Ginjal

Manfaat pertama yang dapat anda rasakan adalah mencegah sembelit dan batu ginjal. Sembelit akan membuat keadaan orang merasa tidak nyaman, sedangkan batu ginjal menyebabkan bahaya bagi anda sendiri karena bisa membuatmu harus cuci darah.

Oleh karena itu rajinlah meminum air secara rutin. Air putih mampu meningkatkan jumlah cairan dalam tubuh sehingga feses bisa keluar bersama racun.

  • Meningkatkan Konsentrasi

Saat kamu sedang belajar atau sedang bekerja, atau juga sibuk mengurus rumah, air putih bisa membantumu untuk bisa lebih berkonsentrasi lagi. Sedikit saja kekurangan air putih dapat mempengaruhi kinerja otak/pikiran, juga dapat memicu sakit kepala dan akhirnya bisa pingsan.

Jadi jangan penah mengabaikan untuk meminum air putih ya.

  • Bagus Untuk Sistem Pernafasan

Tak perlu cemas ataupun sampai khawatir. Rajinlah untuk minum air putih dan rasakan manfaat yang satu ini.

  • Untuk Kesehatan Tulang

Kalsium juga terdapat dalam kandungan air putih. Saat kamu tidak malas meminum air putih secara rutin, maka kesehatan tulangmu pun terpenuhi dengan sendirinya.

  • Menjaga Kesehatan Kulit

Saat dehidrasi atau kekurangan cairan, kulit akan terlihat keriput dan lebih tua. Karena itu jangan mengabaikan banyak minum air putih agar kulitmu tetap kelihatan bercahaya.

  • Mengurangi Resiko Serangan Jantung

Manfaat rajin minum air putih selanjutnya adalah mengurangi resiko serangan jantung. Jantung akan memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Untuk itu, sayangi jantung anda dengan rajin meminum air.

  • Baik Bagi Kesehatan Gigi & Mulut

Meskipun kebersihan gigi adalah salah satu syarat untuk memenuhi kesehatan gigi dan mulut, banyak mengkonsumsi air putih juga akan memperbanyak produksi air ludah, serta mengurangi resiko terserang penyakit gigi.

 

Cobalah untuk membiasakan diri anda untuk rutin mengonsumsi air putih. Jangan lupa pula untuk memperhatikan kebersihan air putih saat hendak dikonsumsi. Air dimasak terlebih dahulu agar kuman maupun bakterinya mati. Setelah itu bersihkan secara berkala ceret air dan botol minum anda.