Rambut Kering? Perlukah Pakai Masker Rambut?

masker rambut kering

PrimaDaily – Rambut adalah mahkota yang menghiasi sekaligus mempercantik penampilan wanita, untuk itu banyak wanita menerapkan berbagai hal untuk merawat tekstur rambut. Apalagi jika rambut kering selain sampo masker juga perlu.

Memakai masker rambut akan sangat membantu memperbaiki tekstur rambut, tidak jauh berbeda dengan masker wajah. Menggunakan masker rambut juga berfungsi untuk melembapkan, memperbaiki kerusakan rambut, hingga memberikan nutrisi.

Intinya, pakai masker rambut dapat membantu menjaga dan merawat kesehatan rambut Anda, bukan itu saja, masker rambut juga bisa digunakan sebagai perawatan deep conditioning atau kondisioner rambut yang lebih intensif.

Bedanya dengan kondisioner, umumnya kandungan bahan yang ada di dalam masker rambut lebih beragam. Bahkan, masker bisa didiamkan di rambut lebih lama dari kondisioner biasanya, hingga 15-30 menit atau lebih dari itu tergantung kebutuhannya.

Secara keseluruhan, memakai masker rambut bisa membantu menjaga kesehatan kulit kepala, kekuatan rambut, melembutkan rambut, dan melindungi rambut dari kerusakan.

Singkatnya, pakai masker rambut untuk jenis rambut kering dapat membantu memberi hidrasi yang lebih banyak ketimbang hanya menggunakan sampo atau kondisioner biasa. Frekuensi saran penggunaan masker untuk rambut kering biasanya disesuaikan dengan tipe dan kondisi rambut Anda.

Jika jenis rambut Anda tergolong normal dan tidak bermasalah, pemakaian masker rambut sekali dalam seminggu sudah dianggap mencukupi.

Sedangkan untuk rambut yang rusak, kering, atau butuh perawatan lebih, setidaknya Anda perlu menggunakan masker rambut 2 kali dalam seminggu.

Bahkan, frekuensi pemakaiannya bisa ditambah menjadi 3 kali seminggu apabila kondisi rambut sedang sangat rusak dan butuh perawatan segera.

Untuk lama waktu penggunaannya sendiri, setiap masker rambut sebenarnya memiliki aturan dan cara penggunaan yang berbeda-beda.

Biasanya, ada jenis masker rambut yang menyarankan untuk dipakai selama 5-15 menit, apabila Anda menggunakannya di rumah.

Alangkah baiknya untuk selalu membaca petunjuk dan aturan penggunaan masker rambut, termasuk untuk rambut kering, yang tertera di bagian kemasan produk.